Menyapa Percikan Menawan Air Terjun Renah Sungai Besar di Belantara Hutan Limbur

23.40.00


“Hakikat kisah perjalanan adalah mengenai passion, dan tolak ukur pencapaiannya akan selalu berbeda bagi setiap penikmatnya”

Bagi saya selalu ada kejutan menarik yang kadang tak tertebak sama sekali di antara banyaknya belantara hutan yang tersebar di Indonesia ini, entah itu tiba-tiba menemukan sebuah telaga atau mungkin gundukan bukit indah atau bahkan bisa jadi menemukan sebuah air terjun yang terlihat mengesankan dari dua pasang mata kecil kita yang memandangnya dari bawah.

Sungguh tak pernah habisnya keindahan tanah air Indonesia yang katanya “Gemah Ripah Loh Jinawi” ini, semua berkah dari Tuhan rasanya tak kurang apalagi yang mau kita keluhkan, hanya kita saja yang tampaknya kurang banyak bersyukur atas segala hadiah pemberiannya.

Kali ini saya akan mengajak sobat tiket.com untuk melakukan penjelajahan bersama saya kembali ke negeri sejuta flora yang menawan, terletak di sebuah provinsi yang hampir sebagian besar negerinya masih di selaputi hutan alami asri yang masih banyak belum terekspos keberagaman pesona alamnya. Adalah negeri sepucuk Jambi sembilan lurah, sebuah negeri yang menurut saya sungguh eksotis. Ibarat sosok manusia yang tumbuh, Ia masih begitu lugu dan polos akan pesoleknya dunia yang hampir begitu terkontaminasi oleh waktu kewaktu.

Menelusuri sedikit jauh dari hiruk pikuk kota, saya mencoba menjelajahi kembali pesona alam yang ada di kabupaten Bungo. Tujuan saya kali ini adalah untuk menyambangi langsung tuan rumahnya “Super Waterfall” yang dimiliki kabupaten tersebut dan katanya paling besar dan paling cetar debit aliran air terjunnya. Sebuah air terjun yang begitu membelalakkan mata saat menengadah keatasnya. Iya, sungguh luas dan deras sekali debit airnya seolah tak habis-habisnya tertumpah-ruah di bumi langkah serentak limbai seayun ini.

Perjalanan menuju lokasi wisata ini sedikit membuat adrenalin saya teruji, pasalnya akses jalan kesini sudah tak seperti dulu lagi katanya, sepanjang jalanan anda akan di suguhi hentakan dan jalan berlubang serta lintasan semi-ekstrim yang sesekali membuat mata semakin awas. Air terjun renah sungai besar ini terletak di desa Renah Sungai Besar kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, kabupaten Bungo provinsi Jambi. Kedatangan saya kesini adalah yang pertama kalinya.

Jika perjalanan sobat tiket.com semua bermula dari Jakarta, maka sobat dapat membeli tiket penerbangan murah terlebih dahulu menuju Jambi atau langsung menuju kota Muara Bungo. Perjalanan dimulai dari kota Muara Bungo menuju Simpang Kecamatan Tanah Sepenggal yang memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit menggunakan sepeda motor. Perjalanan dilanjutkan menuju desa Renah Sungai Besar yang terdapat di kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang. Waktu tempuh perjalanan darat akan ditempuh selama 2 hingga 2,5 jam tergantung keadaan kondisi jalan. Akses jalan terakhir saat kunjungan saya kelokasi memperlihatkan beberapa badan jalan terlihat rusak dan berlubang, sehingga perlu sangat ekstra hati-hati saat mengendarai kendaraan anda.

Perjalanan akan sedikit melelahkan pastinya, karena sepanjang jalan akan lebih banyak ditemukan jalan berbatu hingga sampai ke pintu masuk menuju kawasan air terjun tersebut. Dari sana anda harus melanjutkan lagi perjalanan menuju desa Renah Sungai Besar kurang lebih 1,5 jam hingga mencapai pintu hutan menuju keberadaan air terjun ini.

Di pintu masuk wisata anda di haruskan memarkirkan kendaraan anda. Biasanya tak dipungut retribusi di hari biasa, namun bila anda berkunjung di hari libur nasional atau hari libur besar seperti idul fitri maupun idul adha biasanya dari pihak desa setempat akan menerapkan retribusi masuk wisata sebesar Rp. 5.000 saja, sebagai jasa dari pengurus wisata untuk melakukan pembersihan, karena biasanya pada hari libur nasional kunjungan akan meningkat dan sampah akan mulai berserakan di sepanjang jalur trekking hingga lokasi air terjunnya sendiri.

Perjalanan anda tidak terhenti sampai disana, masih ada lanjutan perjalanan lagi dengan trekking santai sekitar 20-30 menit dari lokasi anda memarkirkan kendaraan. Nikmati saja perjalanan selama trekking, karena anda akan di suguhi dengan pemandangan hutan yang khas dengan kicauan burung dan sesekali anda di haruskan melintasi aliran sungai kecil yang sungguh bersih sekali airnya.




Semua rasa lelah akan terbayar setibanya anda di lokasi Air terjun Sungai Besar. Sensasinya begitu menyejukkan, anda juga dapat mandi dan bermain air sepuasnya disini, namun ingat agar selalu memperhatikan langkah kaki anda karena pijakan dasar air biasanya dipenuhi bebatuan yang diselimuti lumut air, sehingga akan licin saat anda menginjakkan kaki di dalamnya. Sejauh ini air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini sangat saya rekomendasikan untuk anda kunjungi saat bertandang ke kabupaten Bungo. Selamat mencoba mengeksplorasi alam kabupaten Bungo dan selamat berpetualang. Salam Lestari !!!

INFO PENTING
Nama lokal
Air Terjun Sungai Besar
Lokasi wisata
Desa Renah Sungai Besar, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi
Jalur Perjalanan
Kota jambi – Kota Muara Bungo – Simp Tanah Sepenggal– Desa Renah Sungai Besar
Cost/ Biaya
GRATIS hari biasa RP. 5.000/person pada hari besar
Kendaraan Yang disarankan
Mobil
Lama Perjalanan
2 jam 30 menit dari kota Bungo + trekking 30 menit
Kepuasan kunjungan wisata
(8.8) dari (10)



You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images