Pauh Permai, Eksotika Indahnya Air terjun Tersembunyi di Penghujung Provinsi Jambi

07.42.00



“Buku jendela dunia, namun kisahnya tak bisa kamu ingat sepenuhnya, tapi perjalananmu adalah dunia di luar jendelamu yang kisahnya akan diingat sepanjang masa”

Sesungguhnya saya mengagumi keindahan dimana bumi saya berpijak, namun keelokannya tak begitu dikenal oleh pemiliknya sendiri. Entah mengapa saya begitu ingin menunjukkan kepada seluruh nusantara ini bahwa negeri ini punya banyak potensi yang membanggakan. Terkadang entah seperti orang yang terlihat linglung ketika saya menjajaki kaki di suatu tempat, dimana kata mereka disini tidak ada yang bisa kamu perkenalkan, justru pernyataan seperti itu saya anggap seperti berita bohong yang tak bisa saya percaya begitu saja, karena saya yakin di setiap daratan di bumi ini pasti telah dianugerahi oleh Tuhan berbagai keindahan yang mungkin saja masih tersembunyi.

Menelusuri sebuah lokasi wisata yang bisa saya katakan sebagai “The miracle Unexpossed” mungkin rasanya tak berlebihan. Jujur ini memang indah, letaknya yang berada di posisi wilayah yang tidak begitu familiar di kunjungi oleh orang, mungkin sebagai satu alasan mengapa air terjun ini tak begitu menggaung namanya, bahkan di seputar kabupaten itu sendiri, terlebih lagi karena letaknya di perbatasan provinsi dan di kabupaten paling terujung di provinsi Jambi ini. Memang kondisinya masih asri, karena mungkin hanya dikenal oleh masyarakat yang berada di sekitar daerah itu saja, kalaupun ada kunjungan dari luar itupun karena informasi dari teman ke teman atau dari mulut ke mulut yang mengalir begitu saja dari hari ke hari. Dan kali ini saya akan mengajak sobat travelmate untuk mecoba menyambangi hidden mini Niagara nya Jambi yang ada di desa tempat dimana saya dibearkan dan belajar merajut mimpi untuk bisa menjelajahi setiap sudut keelokan bumi pertiwi ini .

Penduduk lokal setempat menamakannya air terjun Pauh Permai. Posisinya terletak di desa Pengian di tembulun dan aliran airnya berasal dari sungai Tembulun dan masih masuk dalam kawasan provinsi Jambi. Kondisi debit airnya bisa berubah setiap saat tergantung kondisi musim yang sedang berlangsung. Pada saat musim hujan maka debit air akan meningkat dan air terjun akan semakin deras, namun biasanya aliran air tak akan sejernih pada kondisi kemarau yang memperlihatkan warna air hijau tosca bening dengan intensitas debit air yang sedang hingga kecil tergantung lamanya musim kemarau berlangsung.

Keindahan air terjun Pauh Permai sekilas terlihat seperti grand canyon mini yang eksotis, dengan batuan yang tinggi di sela-sela air terjun dan airnya yang bening kehijauan semakin memperlihatkan keunikan nya yang berbeda dengan air terjun lainnya di kabupaten yang sama.



Saya sempat mengunjungi air terjun ini dua kali, dan kondisinya memang terlihat sangat berbeda antara dua sesi musim yang berbeda. Lokasi wisata ini masuk dalam kawasan kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo. Jika anda memulai perjalanan dari Jakarta, maka anda dapat membeli tiket penerbangan murah terlebih dahulu menuju jambi atau langsung menuju kota Muara Bungo. Dari kota Muara Bungo (pusat kota kabupaten Bungo), maka anda harus menempuh perjalanan darat menggunakan kendaraan sekitar 50 km menuju simpang IV rantau ikil. Kemudian dari desa Rantau ikil  anda harus melanjutkan kembali perjalanan ke desa Pangian Atas sekitar 30 menit dan melewati perkebunan sawit lokal milik warga setempat.

Tidak ada penunjuk jalan untuk menuju lokasi ini, maka saya sarankan sering-seringlah berhenti untuk menanyakan kepada warga setempat bila rasanya anda mulai ragu dengan arah jalan. Bersikaplah tetap ramah kepada warga setempat saat melintasi desa tersebut, karena budaya menegur dan menyapa sangat kental menjadi tradisi di daerah ini dan desa lain di sekitar kawasan tersebut.

Gambar: Air terjun pauh permai terlihat dari sisi atas

Bagi anda yang menyukai tantangan menemukan area wisata unik bisa jadi lokasi ini saya rekomendasikan untuk anda, karena ketika sampai di lokasi menuju air terjun anda harus menemukan lagi jalan menurun menuju area air terjun Pauh Permai ini mengingat letaknya tak terlihat langsung dari tempat anda memarkirkan kendaraan. Saya sarankan agar menggunakan sepeda motor saja untuk berkunjung kesini, karena sepanjang perjalanan anda akan dihadapkan dengan jalan setapak yang tidak bisa di masuki mobil sama sekali.






Tidak ada retribusi masuk sama sekali hingga kali kedua kunjungan saya kesini, namun tetap saya sarankan agar mematuhi etika saat berwisata, jangan membuang sampah apapun sama sekali untuk turut menjaga keasrian air terjun ini. Di area ini anda bebas melakukan kegiatan renang atau mandi, dan sebagai catatan agar tetap menggunakan pakaian yang tertutup dan tidak menghumbar aurat. Semoga air terjun Pauh Permai namanya semakin dikenal lagi dan menjadi andalan wisata untuk penduduk setempat. Salam lestari.

INFO PENTING
Nama lokal
Air Terjun Pauh Permai
Lokasi wisata
Desa Pangian Atas, kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi
Jalur Perjalanan
Kota jambi – Kabupaten Bungo – Simp IV Desa Rantau Ikil – Desa Pangian Atas
Cost/ Biaya
GRATIS
Kendaraan Yang disaranan
Sepeda Motor
Lama Perjalanan
1 jam 30 menit dari kota Bungo
Kepuasan kunjungan wisata
(9.00) dari (10)



You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images