Backpackeran Dari Jambi Ke Negeri Serambi Mekah Aceh Hingga Sabang Cukup Modal 1 Jutaan, Gimana Caranya ?

05.50.00



Kabupaten/Kota Tujuan
-          Meulaboh
-          Tapak Tuan
-          Banda Aceh
-          Pulau Weh/ Sabang
Total biaya yang dihabiskan
Rp. 1.136.000,-
Jenis Perjalanan
Sharecost Trip
Lama Perjalanan
0108 Juni 2019
Kepuasan perjalanan
(9.5) dari (10)

Perjalanan ke negeri serambi mekah ini sangat tak terduga sama sekali sebelumnya, melihat orang-orang yang kebanyakan berwisata ke Aceh yang katanya selalu menguras biaya yang tinggi tentu membuat saya pun berkali-kali mengurungkan niat untuk menuju kesana, wajar saja sih tiket nya saja yang mencapai 3 hingga 4 jutaan tentu membuat siapapun berpikir berulang-ulang apalagi kategori bacpacker seperti saya. Dan akhirnya di suatu kesempatan mendekati  liburan panjang Idul Fitri saya pun membuat sebuah ide bagaimana lebaran Idul Fitri kali ini sata rayakan saja di Aceh. Gayung pun bersambut, dan ide gila tersebut disetujui sahabat saya Andi.

Kami pun mulai merancang bagaimana caranya bisa menuju Aceh dengan cara hemat. Tak mungkin rasanya jika menggunakan moda transportasi udara yang rasanya terlalu mahal untuk kantong kami dan tak mungkin pula menggunakan bus karena akan menyulitkan langkah perjalanan kami untuk berpindah antar lokasi wisata nantinya. Kami pun akhirnya memutuskan untuk menggila menggunakan sepeda motor saja. Benar-benar gila bukan !!! Dari Jambi ke Aceh mau motoran selama itu, apa sanggup?


Gambar : Tiket Pesawat Jambi ke Aceh pada 05 Juni 2019


HARI KE 1: Sabtu, 01 Juni 2019



Gambar : Perjalanan dari Jambi menuju Sipirok

Itinerary pun mulai kami rancang, dan akhirnya pada hari H perjalanan pun kami mulai. Diawali keberangkatan hari pertama dari Jambi subuh hari tanggal 1 Juni 2019 pukul 04.00 WIB, perjalanan hari pertama ini kami tempuh hampir mencapai 18 jam menggunakan sepeda motor dengan beberapa kali perhentian mulai dari perhentian pertama di Rokan Hulu (Riau), berbagai SPBU, hingga akhirnya kami tiba di rumah salah satu sahabat satu komunitas di Kota Sipirok (Sumatera Utara). Malam ini kami pun beristirahat disana untuk kemudian melanjutkan perjalanan kembali di hari berikutnya.

Malam ini kami menginap di rumah Sidiq, dan perjalanan akan kami lanjutkan esok hari dari Sipirok menuju ke Kota Meulaboh. Jarak antar dua kota ini sekitar 13 jam waktu tempuh, dan selama diperjalanan nanti kami akan melewati Kabupaten Aceh Selatan kemudian singgah sejenak sembari berwisata di Tapak Tuan. Berikut catatan perjalanan dan biaya yang saya keluarkan dari jambi hingga ke Sipirok di Hari Pertama.

Hari/tanggal
Itinerary
Waktu
Sabtu, 01 Juni
-          Berangkat dari Jambi ke Sipirok
-          Istirahat
-          04.00 – 22.00 wib
-          22.00 – 06.00 wib

Biaya yang dikeluarkan
Rincian
Total
Bensin Sepeda Motor
Bensin Jambi ke Sipirok Rp. 200.000 (2 pax)
Rp. 100.000,-
Makan Berbuka
Berbuka Nasi Padang
Rp.   15.000,-
TOTAL
Rp. 115.000,-


HARI KE 2: Minggu, 02 Juni 2019

Perjalanan pagi ini kami mulai pada pukul 07.00 WIB pagi. Sebelum berangkat kami kembali mengisi bensin sepeda motor. Berbekal bensin 200.000 kami pun kembali melanjutkan perjalanan panjang pagi ini. Setelah melalui perjalanan sekitar 9 jam  kami pun tiba di Tapak Tuan, beristirahat sejenak dan menikmati ikon wisata andalan di Aceh Selatan ini yang terkenal dengan legenda Tapak Tuan nya.



Gambar : Wisata Tapak Tuan Aceh Besar

Setelah puas menikmati pantai wisata Tapak Tuan, kami pun melanjutkan perjalanan kembali ke kota tujuan perhentian terakhir kami hari ini, yaitu Kota Meulaboh. Selama 3 jam melewati perjalanan kami pun akhirnya beristirahat Setibanya di Kota Meulaboh kami pun menginap di salah satu wisma dengan harga murah 100.000 per kamar, tak ingin membuang-buang waktu setelah check in kami pun segera bersih-bersih kemudian mencari makan di sekitaran wisma tersebut.

Berikut catatan perjalanan dan biaya yang saya keluarkan dari Sipirok hingga ke Meulaboh di Hari Kedua.

Hari/tanggal
Itinerary
Waktu
Minggu, 02 Juni
-          Berangkat dari Sipirok ke Meulaboh
-          Wisata di Tapak Tuan Aceh Besar
-          Berbuka Puasa di Jalan
-          Check In Wisma
-          Makan Malam
-          Istirahat
-          07.00 – 16.00 wib
-          16.00 – 17.30 wib
-          18.30 – 19.00 wib
-          21.00 – 21.30 wib
-          21.30 – 22.30 wib
-          23.00 – 06.00 wib

Biaya yang dikeluarkan
Rincian
Total
Bensin Sepeda Motor
Bensin Sipirok ke Meulaboh Rp. 200.000 (2 pax)
Rp. 100.000,-
Minum dan Cemilan Berbuka
Air Minum dan Snack
Rp.   20.000,-
Wisma
Wisma 1 Malam Rp. 100.000 (2 pax)
Rp.   50.000,-
Makan Malam
Makan Nasi Padang
Rp.   15.000,-
TOTAL
Rp.  185.000,-


HARI KE 3: Senin, 03 Juni 2019

Pagi ini kami segera check out hostel dan melanjutkan perjalanan ke Banda Aceh. Waktu tempuh untuk mencapai ibukota Nangroe Aceh Darussalam tersebut adalah sekitar 4 jam. Tujuan utama kami adalah menuju pelabuhan Ulee Lheueu, karena kami akan menyeberang menggunakan kapal ke Sabang yang terletak di Pulau Weh. Selama di perjalanan kami juga singgah di salah satu destinasi favorit di Kabupaten Aceh Besar, yaitu dataran tinggi pegunungan Geurutee.
       


Gambar : Wisata Geurutee Highland Kabupaten Aceh Besar

Puas menikmati pemandangan di Geurutee Highland kami pun segera bergegas memacu sepeda motor menuju Banda Aceh dan segera membeli tiket di Pelabuhan Ule Lheuee. Tujuan kami adalah menuju Pelabuhan Balohan di Pulau Weh, dan waktu tempuh perjalanan via kapal akan memakan waktu sekitar lebih kurang tiga jam. Untuk bisa masuk ke kapal kami harus membeli tiket seharga 25.000 rupiah plus biaya masuk kendaraan bermotor roda dua sebesar 29.500 rupiah, serta parkir kendaraan roda dua selama di dalam dermaga sebesar 2.000 rupiah.






 
Gambar : Loket dan Tiket Kapal Ule Lheue ke Pelabuhan Balohan

Setelah lumayan lama mengantri di parkiran kami pun akhirnya mendapati giliran untuk memasuki kapal. Pemandangan diatas kapal sangat memukau dan memanjakan mata. Diatas kapal sangat banyak masyarakat dari berbagai daerah di Aceh maupun luar daerah Aceh yang juga menuju ke Pulau Weh, berhubung lebaran Idul Fitri tinggal menghitung hari lagi kapal pun padat sekali diisi oleh penumpang yang akan berlebaran di Sabang nantinya.





Gambar : Perjalanan di atas kapal dari Pelabuhan Ule Lheue ke Pelabuhan Balohan

Setelah melalui perjalanan sekitar 2,5 jam, siang ini kami pun tiba di pelabuhan Balohan, kami pun mencari penginapan murah sekitar kawasan kota Sabang, hostel yang kami tempati waktu itu bernama Pondok Tapak gajah. Siang itu kami habiskan waktu untuk beristirahat seharian, sore harinya kami segera menuju ke ikon utama kota Sabang yaitu Tugu KM 0 yang katanya menjadi impian banyak orang untuk dikunjungi sebagai salah pintu gerbang masuk Indonesia di bagian barat.



Gambar : Tugu Kilometer 0 Sabang di Pulau Weh

Seusai menikmati pemandangan dan sunset kami pun bergegas kembali ke arah penginapan untuk segera berbuka puasa. Jadwal berbuka puasa di sini lebih lama. yaitu pukul 18.57 WIB dan merupakan tempat dan wilayah paling terakhir bagi umat muslim berbuka puasa di Indonesia. Seusai berbuka kami pun kembali ke penginapan dan istirahat agar bisa kembali memulihkan kondisi badan yang sudah begitu lelah diperjalanan. Berikut catatan perjalanan dan biaya yang saya keluarkan dari Meulaboh hingga ke Pulau Weh di Hari Ketiga.

Hari/tanggal
Itinerary
Waktu
Senin, 03 Juni
-          Berangkat dari Meulaboh ke Aceh Besar
-          Wisata di geurutee Highland
-          Menuju Banda Aceh
-          Tiba di Pelabuhan Ule Lheue, beli tiket
-          Perjalanan dari Ule Lheue – Balohan
-          Tiba di Pulau Weh, check In Hostel
-          Wisata Kilometer 0 Sabang
-          Berbuka Puasa
-          istirahat
-          05.00 – 08.00 wib
-          09.00 – 10.00 wib
-          10.00 – 11.00 wib
-          11.30 – 12.30 wib
-          13.00 – 15.30 wib
-          15.30 – 16.00 wib
-          16.30 – 18.30 wib
-          19.00 – 20.00 wib
-          21.00 – 06.00 wib

Biaya yang dikeluarkan
Rincian
Total
Bensin Sepeda Motor
Bensin Meulaboh ke Sabang Rp. 200.000 (2 pax)
Rp. 100.000,-
Tiket kapal
Tiket Kapal Ule Lheue - Balohan
Rp.   25.000,-
Parkir
Parkir motor di pelabuha Ule Lheue
Rp.   2.000,-
Tiket Roda dua
Tiket masuk kapal Sepeda Motor
Rp.   29.500,-
Hostel
Hostel 1 Malam Rp. 100.000 (2 pax)
Rp.   50.000,-
Makan Malam
Makan Nasi Padang
Rp.   20.000,-
TOTAL
Rp.  226.500,-


HARI KE 4: Selasa, 04 Juni 2019

Pagi ini kami akan mengunjungi berbagai wisata di Pulau Weh, diantaranya adalah Pantai Iboih, Pantai Teupin Layeu, Pantai Anoi Itam, Benteng Bunker Jepang, Pantai Sumur Tiga, Taman I Love Sabang dan berbagai destinasi lainnya yang bisa kami sambangi hingga tengah hari nanti sebelum perjalanan menyeberang balik ke kota Banda Aceh kami lakukan. Selama di sabang maupun di kota lainnya kami hanya mengandalkan GPS dari Google maps, dan sejauh ini menggunakan fasilitas layanan ini sungguh membantu sekali selagi kita masih terhubung dengan jaringan layanan internet yang baik.



Gambar : Pantai teupin Layeu dan Taman I Love Sabang




Gambar : Benteng Pertahanan Sabang dan Pantai Iboih

Setelah puas berkunjung ke banyak destinasi di Pulau Weh kami pun kembali ke Hostel kemudian checkout dan segera menuju ke Pelabuhan Balohan untuk segera menyeberang ke Banda Aceh merayakan lebaran Idul Fitri esok hari disana


Gambar : Tiket Kapal Pelabuhan Balohan ke Pelabuhan Ule Lheue

Setibanya di Banda Aceh, kami pun segera menuju rumah salah satu keluarga saya yang tinggal di Banda Aceh. Esok kami akan berlebaran disana sekaligus menunaikan Sholat Ied di Mesjid Baiturahman yang terkenal dengan kisah Tsunami nya pada tahun 2004 silam. Setibanya di Banda kami menemui salah satu sahabat travelmate yang turut menemani kami mencari wisata kulineran Mie Aceh yang terkenal enak.

Gambar : Kulineran Mie Aceh di Sabang

Berikut catatan perjalanan dan biaya yang saya keluarkan dari Sabang hingga ke Banda di Hari Keempat.

Hari/tanggal
Itinerary
Waktu
Selasa, 04 Juni
-          Wisata di Sabang: Pantai Anoi Itam, Pantai Iboih, Pantai Teupin  layeu, Benteng Pertahanan, Sumur Tiga Beach Sabang, Tugu I Love Sabang
-          Check Out Hostel
-          Perjalanan Balohan ke Ule Lheue
-          Tiba di Sabang
-          Kulineran Mie Aceh
-          Istirahat
-          07.00 – 12.00 wib



-          12.00 – 12.30 wib
-          14.00 – 17.00 wib
-          17.30 – 17.30 wib
-          20.00 – 21.30 wib
-          22.00 – 05.00 wib

Biaya yang dikeluarkan
Rincian
Total
Tiket kapal
Tiket Kapal Balohan - Ule Lheue
Rp.   25.000,-
Tiket Roda dua
Tiket masuk kapal Sepeda Motor
Rp.   29.500,-
Makan Siang
Makan Siang di Sabang
Rp.   20.000,-
Makan Malam
Kulineran Mie Aceh
Free
TOTAL
Rp.  74.500,-


HARI KE 5: Rabu, 05 Juni 2019 (Lebaran idul Fitri)

Hari ini adalah momen Idul Fitri pertama saya bersama keluarga di Aceh. Pagi ini kami menunaikan sholat Ied kemudian dilanjutkan berwisata sekitar Banda Aceh. Macam-macam kuliner yang saya coba cicipi saat dirumah sanak famili saya tersebut, ada satu menu unik yang saya suka yaitu Timpan yang mirip seperti lapek pisang namun isinya kelapa manis.

Setelah acara ramah-tamah, kami pun berkeliling kota Banda, sayang sekali wisata di kota hari ini serba tutup dikarenakan memang sedang momentum perayaan hari besar umat islam hari ini. Walau tak bisa masuk kami pun mendokumentasikan berbagai tempat wisata cukup dari luar saja.


Gambar : Masjid baiturrahman Banda Aceh




Gambar : Museum Tsunami Aceh dan PLTD Apung

Lelah seharian berkeliling kota Sabang kami pun kembali dan beristirahat, esok hari kami akan melanjutkan perjalanan panjang kembali dari kota Banda menuju Jambi melewati kota-kota lainnya seperti  Medan hingga Pekanbaru. Perjalanan kami pun di Aceh berakhir pada hari kelima ini, esok hari keenam kami akan melanjutkan perjalanan pulang yang akan memakan waktu sekitar 2 hari. Perjalanan selanjutanya menyusuri berbagai wisata di provinsi yang berbeda akan saya ceritakan pada kisah selanjutnya di catatan perjalanan lainnya,

Hari/tanggal
Itinerary
Waktu
Rabu, 05 Juni
-          Shalat Ied (Idul Fitri) di Masjid Baiturahman dilanjutkan berfoto
-          Wisata ke Museum Tsunami dan PLTD Apung
-          Istirahat
-          07.00 – 11.00 wib

-          12.00 – 16.00 wib

-          19.00 – 04.00 wib
Kamis, 06 Juni
-          Perjalanan Banda Aceh – Asahan
-          Check In Hostel
-          04.00 – 19.00 wib
Jumat, 07 Juni
-          Perjalanan Asahan – Pekanbaru
-          Check In Hostel dan Istirahat
-          07.00 – 17.00 wib
-          18.00 – 06.00 wib
Sabtu, 08 Juni
-          Perjalanan Pekanbaru – Jambi
-          Tiba di Jambi
-          07.00 – 16.00 wib
-          16.30 wib

Biaya yang dikeluarkan
Rincian
Total
Bensin
Bensin Banda Aceh – Asahan Rp. 200.000 (2 pax)
Rp.   100.000,-
Bensin
Bensin Asahan – Pekanbaru  Rp. 200.000 (2 pax)
Rp.   100.000,-
Bensin
Bensin Pekanbaru - Jambi Rp. 200.000 (2 pax)
Rp.   100.000,-
Hostel
Hostel di Asahan Rp. 100.000 (2 pax)
Rp.   50.000,-
Hostel
Hostel di Pekanbaru Rp. 70.000 (2 pax)
Rp.   35.000,-
Makan 6 x
Makan selama tgl 5 s.d 09 Juni
Rp.   150.000,-
TOTAL
Rp.   535.500,-

Demikianlah akhir kisah perjalanan saya mengunjungi negeri Serambi Mekah di Aceh. semoga kisah saya dapat menginspirasi sahabat pembaca semua dan menjadi motivasi bahwa untuk melakukan perjalanan yang luar biasa tidak perlu takut akan biaya yang mahal, semua bisa di akali selagi kita sudah mematangkan itinerary sejak awal sebelum trip dilakukan. Sampai jumpa di kisah selanjutnya


You Might Also Like

2 komentar

  1. Ya ampun dekkk, saya iri mampus sama perjalanan kalian. Enak yah masih diberi kesempatan buat jalan-jalan jauh. Main yang banyak dek, ntar kalo udah kerja mana ada liburan santai naik motor. Waktu libur pendek, terus karna merasa punya duit, mana mau yang suah-susah. Maunya liburan ya yang enak. Contohnya saya. Dulu jaman kuliah kemana-mana suka naik motor. Suka backpackeran. Sekarang? Ogahhhh. Naik kereta aja maunya yang eksekutif, wkwkkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang doakan semoga bisa jalan-jalan enak juga kaya abg dan orang-orang kebanyakan hehe. Semoga masa seperti abang akan saya lalui juga nanti, aminn

      Hapus

Like us on Facebook

Flickr Images