Menyingkap Surganya Sunrise dibalik Bromo Secret Garden sang Gunung Tercantik di Indonesia

01.19.00

“Kisah perjalanan adalah tentang menemukan pengalaman berharga dengan bonus kenangan sepanjang masa”

Tentu selalu ada harga untuk sebuah pengalaman luar biasa yang begitu memorable tak terlupakan sepanjang hidup anda, dan tentu untuk mendapatkan semua itu akan selalu ada hal yang perlu kita korbankan, entah itu dalam bentuk biaya atau bisa jadi waktu atau mungkin peluang dan kesempatan. Ibarat kurva, untuk mencapai kepuasan akan selalu berbanding lurus dengan pengorbanan dan kesempatan yang harus di jadikan peluang. Tak mesti mahal untuk bisa bertualang menyusuri setiap petak keindahan di negeri kita ini, yang terpenting adalah pahami triknya dan pelajari pola nya, maka seharusnya andalah yang mengendalikan budget, bukan justru malah anda yang akan dikendalikan oleh budget.

Melanjutkan perjalanan saya kali ini ke negeri paling timur di pulau Jawa adalah untuk menyelesaikan rasa penasaran saya di kota sejuta apel ini. Rasanya tidak ada kata bosan untuk menjelajahi kota Malang dan sekitarnya. Kali ini saya akan melanjutkan plesiran saya menuju ke gunung yang katanya dengan pemandangan paling terindah di Indonesia. Yap, adalah Gunung Bromo yang terletak di Taman Nasional Bromo tengger Semeru yang terletak dalam 4 kawasan kabupaten di provinsi Jawa timur dan masuk dalam bagian administratif dari kabupaten Probolinggo, kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan kabupaten Malang.

Kali ini saya memulai petualangan dari kota Malang menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Awalnya saya telah membuat rencana perjalanan menggunakan sepeda motor bersama teman saya yang berada di kota Malang, namun akhirnya saya urungkan mengingat cuaca dari siang hingga sore hari tampaknya kurang bersahabat dikarenakan guyuran hujan seharian. Informasi yang saya terima, bahwa jika ingin mengunjungi Gunung Bromo dengan kondisi seperti ini sangat tidak disarankan, karena pada kondisi malam hari nya akan berkabut dan pasir di kawasan taman nasional akan menjadi tanah liat yang justru akan membahayakan sepeda motor untuk melintas, di tambah lagi akan banyak lubang dadakan yang terbentuk akibat amblasnya pasir yang memadat dan akhirnya runtuh membentuk lubang di sepanjang jalur menuju Gunung Bromo.

Akhirnya saya putuskan untuk menikmati Bromo dengan cara yang lebih safety. Malam ini saya berangkat menggunakan Jeep, dan ternyata pilihan saya tepat sekali karena saya mendapatkan informasi bahwa 2 hari sebelumnya kawasan taman nasional ini memakan korban pengendara sepeda motor yang terjatuh dan menewaskan satu orang akibat tergelincir dikarenakan kondisi jalan yang kurang bagus.

Sebelum berangkat, ada beberapa poin penting yang perlu saya sampaikan jika anda melakukan trip Bromo menggunakan jeep :
  1. Tujuan pertama kita dari start poin adalah Penanjakan. Dan di Penanjakan ini nanti ada 2 spot yang dapat kalian nikmati, yaitu menikmati sunrise di Penanjakan dan tantangan untuk menemukan Bromo Secret Garden sesuai dg tips yang saya berikan nanti. Sangat mudah! (Petunjuk terlampir di ulasan berikutnya).
  2. Nanti sesampainya mobil jeep kalian di penanjakan kalian punya 2 opsi, yaitu stay di mobil karena udara diluar sangat dingin, atau nongkrong di warung-warung yang ada di Penanjakan. Sunrise akan muncul mulai pukul 04.30 sedangkan sholat subuh dapat dimulai sejak pukul 04.15 disana tersedia mushola.
  3. Selama di penanjakan driver akan meminta izin untuk istirahat agar mereka dapat memulihkan kondisi badannya karena perjalanan Malang-Bromo cukup melelahkan dengan kondisi jalan berkelok. Sedangkan besok pagi (diatas pkl 07.00-selesai) jalanan akan lebih ekstrim! Untuk itu waktu istirahat akan sangat dibutuhkan oleh mereka.
  4. Setelah mobil parkir di Penanjakan. Tentu kita belum tahu letak posisi parkirnya karena biasanya disana parkir akan mengular sampai sejauh 12 km dr Penanjakan (poin utk liat sunrise Bromo) pas lagi weekend atau hari libur nasional.
  5. Untuk itu tetaplah tenang. Jika ada yg menggunakan provider merah silahkan nyalakan koneksi internet kalian, cek Google Maps berapa kilometer Penanjakan 1 dari lokasi kalian berada. Sebagai catatan di Bromo ada banyak view point untuk liat sunrise tapi yg paling bagus ada di Penanjakan 1.
  6. jika memungkinkan untuk jalan kaki silahkan jalan kaki. Kalau memang dapat parkir yg jauh silahkan naik ojek. Tarif normal 50rb sekali jalan, per motor bisa dinaiki 2 org pelancong. Harga diatas masih bisa dinegoisasi.
  7. Mulailah mencari dan menemukan "Bromo Secret Garden" pada pukul 05.30-07.00 WIB. Nikmati sensasi berpetualang ke alam liar yang hanya berjalan kurang dari 5 menit jalan kaki dari tempat kalian melihat sunrise (pendopo). Usahakan berjalan berkelompok sesuai dengan anggota per-mobil.
 Agenda di Penanjakan selesai pukul 07.00 selanjutnya akan dilanjutkan dg mengunjungi:
- Bukit Cinta
- Widodaren (lembah dinosaurus)
- Kawah Bromo
- Pura Luhur Poten
- Pasir Berbisik
- Savanna (Bukit teletubbies), dan
- Terasiring unik di desa Ngadas.

Jika kalian ingin melanjutkan destinasi selanjutnya, kalian bisa berhenti di Air terjun Coban Pelangi. Dinamakan demikian seringkali setiap pukul 10.00-12.00 pelangi akan muncul diatas air terjun. Tarif masuk 8.000/orang dibebankan kepada tamu yg berminat, karena trip ke air terjun Coban pelangi biasanya diluar paket trip bromo.

Perjalanan dimulai dari kota Malang pada pukul 00.30 dini hari dan memakan waktu tempuh perjalanan sekitar lebih kurang 3 jam perjalanan menuju spot pertama Bromo yaitu menikmati sunrise yang katanya super epic dari balik Bromo. Tantangan pun muncul, dimana saya diberi kesempatan dalam hitungan sekitar satu jam untuk menemukan “Secret garden” yang katanya adalah titik paling indah untuk mengabadikan momen bersama sunrise Bromo. Pencarian dimulai dari pukul 04.00 WIB dan harus menemukan lokasi yang dimaksud sebelum pukul 05.00, karena fajar akan terlanjur terbit dan momen singkat untuk mendapatkan sunrise terbaik akan terlewatkan.

Hampir putus asa sebelumnya karena tak kunjung menemukan lokasi yang dimaksud, hingga akhirnya ada 3 orang yang saya lihat memisahkan diri dari keramaian dan kemudian menyusuri lokasi terpisah menuju rimbunan lebatnya pepohonan. Karena penasaran dengan arah tujuan mereka, rasa kepo pun muncul untuk mengikuti arah tujuan mereka, dan akhirnya WOW ternyata rasa kekepoan saya tidak berujung sia-sia, mereka mengarahkan saya menuju Secret Garden seperti yang terlihat di foto-foto Instagrammers yang begitu Instagramable dan kekinian. Berulang saya membandingkan foto dengan view di hadapan saya, ternyata tak berbeda. Ingin teriak rasanya “ AKU NEMUIN SECRET GARDEN NYA LOH !!!!” tapi rasanya cukup berteriak dalam hati saja untuk euphoria luar biasa ini, mengingat jika lokasi ini juga bakalan ramai, maka tak ada bedanya foto saya seperti di keramaian pasar yang “bocor” sana-sini, dan akhirnya This is it !!!! saya menemukan tempat rahasia yang hanya diketahui oleh sekelumit orang tersebut. Saya bisa bagikan info kepada sahabat budget traveler semua mengenai rute jelas menuju Bromo secret garden ini yang saya peroleh dari sahabat saya Fikri seorang travelmate dari Malang .

Gambar: Bromo Secret Garden

RUTE MENUJU BROMO SECRET GARDEN.
  1. Sesampainya di Penanjakan view Point, anda akan menemukan 2 buah Pendopo. Pendopo kanan dan kiri. Pendopo adalah bangunan beratap ukiran Jawa yang tidak berdinding. Hanya ada tiang dan atap bangunan saja.
  2. Pilihlah pendopo yg sebelah kanan utk melihat sunrise karena anda akan mendapatkan view yg jauh lebih bagus daripada pendopo sebelah kiri.
  3. Sesampainya di pendopo sebelah kanan. Nanti sunrise akan muncul dari sisi kiri, Gunung Bromo akan tampak di depan pendopo, dan lokasi Bromo Secret Garden berada di sebelah kanan pendopo (dibawah tower provider HP).

Cara menuju Bromo Secret Garden:
  1. Berdirilah di pendopo utama (pendopo sebelah kanan) dengan menghadap pada view Gunung Bromo. Liat ke sisi kanan, anda akan menemukan tower sebuah provider hp. Berjalanan lah ke sisi kanan pendopo menuju kebawah tower.
  2. Anda akan menemukan anak tangga menurun ke bawah. Turuni tangga tersebut sekitar 3-5 anak tangga, lalu belok kiri.
  3. Selanjutnya anda akan menemukan pagar pembatas yg terbuat dr besi. Lihat ujung paling kanan pagar tersebut, terdapat  pagar pintu yg terbuat dari besi. Jika pintu pagar besi tersebut dalam keadaan tertutup, bukalah. Jika sudah terbuka. Silahkan turun ke bawah menuju Bromo Secret Garden. Pegarnya tidak digembok kok, cuma ditutup saja, jadi tinggal buka dan masuk aja.
  4. Jalanan kebawah sedikit curam dengan kemiringan 30-40 derajat. Masih aman, cuma sedikit licin karena jalanan nya masih alami Tanah. Turuni sekitar 1.5 menit.Dan.....

Selamat datang di Bromo secret garden. 😎"Good luck!"
• Terlampir gambar terkait  akses menuju Bromo secret garden

INFO dan TIPS:
  1.  Jika lagi jajan di warung make sure dulu ya harga makanannya. Takutnya kalian kena tipu. 😊
  2. Kalo ada yg mau ke toilet, usahakan semua urusan 'pertoiletan' diselesaikan di Penanjakan karena semakin kita jauh dr Penanjakan, kualitas toilet akan semakin menurun. Harga tarif toilet  3-5rb rupiah.
  3. Di Penanjakan ada jasa sewa jaket bagi kalian yg membutuhkan jaket tambahan, tarif sewa 5-10rb rupiah. Buat yang mau beli perlengkapan tambahan. Harga syal, kupluk dan sarung tangan berkisar 5-25rb rupiah.
  4. Buat yang pengen naik dan liat kawah Gunung Bromo. Tarif naik kuda dari Parkiran Jeep ke depan anak tangga yg lokasinya ada dibawah Kawah Gunung Bromo, tarif normalnya 125rb (pp), kalo dari Pura 50rb (pp) sedangkan jika dari kubangan Parit hanya 30rb (pp). Jika mau foto naik diatas kuda, sebaiknya nanti saja pas kalian sampai di Bukit Teletubies. Tarif foto 10rb rupiah/org. Ada kuda putih juga disana yang biasa dipake foto prewedding. Disarankan di Bukit Teletubies karena view belakangnya nanti adalah lembah apik berwarna hijau kekuning-kuningan. 😊

Well, cerita perjalanan saya menuju Bromo secret garden sudah selsai nih, nantikan cerita saya selanjutnya di view berikutnya ya sobat budget traveler 😊

INFO PENTING
Nama lokal
Bromo Secret garden
Lokasi wisata
Wilayah 4 kabupaten : Probolinggo, pasuruan, lumajang dan malang
Jalur Perjalanan
Tumpang – Gubuk Klakah – Jemplang – penanjakan – gunung Bromo
Cost/ Biaya
Rp. 300.000/orang (paket all in Bromo)