Menyelam bersama Kerumunan Ikan di Umbul Ponggok, Wisata Bawah Air Indonesia yang Mendunia

07.19.00


“…… dari air aku belajar tentang arti sebuah kehidupan, bahwa tak satupun dari yang di ciptakan-Nya tak membutuhkannya……”

Menulis cerita kali ini adalah sesi perjalanan yang paling saya sukai. Mengapa demikian? karena disini adalah kisah perdana saya mencoba merasakan trip bawah air yang begitu mengesankan. Jujur saya merindukan hal semacam ini, kisah di mana pertama kali kamu melakukan sesuatu yang menurut kamu asing dan tak biasanya, namun setelah itu menjadi sebua story yang so unforgettable dan begitu berkesan sepanjang masa.

Sobat Budget Traveler, kali ini saya akan mengajak kalian mencoba menikmati wisata bawah air yang begitu terkenal saat ini, bahkan sempat menjadi trending topic dunia dan menjadi pilihan wisata yang paling diincar saat itu. Pernah mendengar kata “Umbul” ? Jika masih belum pernah, saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan “Umbul”. Di Jawa Tengah begitu banyak ditemukan Umbul yang merupakan mata air alami yang begitu bening dan masih sangat terjaga kebersihannya. Saking berlimpahnya sumber mata air (umbul) ini, akhirnya banyak bermunculan wisata air di Jawa Tengah sebagai pilihan wisata paling dikenal oleh wisatawan, dan yang paling fenomenal adalah Umbul Ponggok.

Umbul Ponggok terletak di desa Polanharjo Ponggok kabupaten Klaten, Jawa Tengah .Berhubung lokasinya dekat dengan kampung Eyang saya yang sama-sama berada di Klaten, maka dari itu akses untuk menuju ke lokasi ini tentu tak begitu jauh. Waktu tempuh yang dibutuhkan hanya sekitar 1,5 jam saja waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor.

Awal mula setiba di Umbul Ponggok, saya sempat bingung nih, dimana sih spot foto yang katanya paling fenomenal dan mendunia ini berada? Karena secara kasat mata yang terlihat hanyalah kolam biasa yang so far taka da bedanya dengan kolam renang lainnya. Penasaran akan rumor yang tampaknya harus di buktikan, saya pun mendatangi loket yang berada di samping pintu masuk kawasan Umbul Ponggok.

“Mba’e , , tiket masuknya berapa mba?” Tanya saya

“Tiketnya 5.000 mas, kalo mas juga mau sewa pelampung tambah 10.000, jadinya 15.000 mas”

Oke dan tanpa ba-bi-bu langsung saya bayar 15.000 TUNAI hahahaa

Ceritanya udah sampe ke dalam kolam, kok saya masih bingung ya, apa karena kepagian??? Krik krik krik
Saya pun mencoba bertanya kepada penjaga toko cemilan. “Buk, kalo mau foto bawah air pake property itu dimana ya?” si ibu pun menjawab “ walah mase kepagian, yang punya sewa property belum datang mas, jam 9 nanti baru nongol”

Exactly right !!! saya kepagian hahahaha. Habisnya semangat banget sih, jam setengah delapan udah nyampe aja di lokasi. Dan akhirnya …………………

1,5 jam kemudian , ,

Tadaaaaaa, si mas nya datang, dan langsung saya cegat. “Mas saya orang pertama dan mas harus kasih saya jadi penyewa pertama yang pake property mas” dengan kalimat tegas sambil melirik antrian di belakang wkwkwwk.

Dengan senyum yang menyakitkan dada saya mas nya cuma menjawab “Nggeh mas , , “ hahaha jawaban macam apa itu pikir saya.

Kolam Umbul Ponggok ini tak begitu dalam nih sobat Budget Traveler.Kedalaman nya hanya sekitar 1,5-2,5 meter saja, dengan bagian permukaan yang dibuat semirip mungkin seperti lautan, ya hasilnya memag telihat sperti air laut sih, bedanya kali ini versi air tawar saja.

Tak mau berlama-lama, saya pun segera memilih properti yang ingin saya sewa. Opsi saya jatuh pada pilihan 1 set Meja dan Kursi, Laptop dan Sepeda. Dengan masing-masing harga sewa Sepeda (20.000) dan 1 set Meja Kursi+ Laptop (100.000) serta sewa fotografer underwater untuk 1 jam seharga 100.000. Tak mau ribet dengan harga seperti pengunjung lain yang kebanyakan saya lihat membatalkan sesi fotografi dengan alasan kemahalan, tapi menurrut saya ini justru setimpal kok, ada harga ada kualitas. Kalau mau foto kamu amazing dan beda dari yang lain, tentu cost nya juga beda, semua yang guide nya kerjakan sebanding dengan pekerjaan yang mereka lakukan, menggeret properti yang begitu berat (karena semua property telah diisi semen agar teggelam) ke  dasar tengah permukaan air hingga menyelam berulang-ulang serta mengajari tips dan trik menyelam bawah air hingga berfose dalam air menurut saya itu sudah luar biasa jika dibandingkan dengan harga yang di tawarkan. Tapi ya begitulah, beda kepala pasti beda konsep dan pemikiran. Ringkasnya saya berpikir bahwa ini liburan yang sengaja saya datangi jauh-jauh dari Jambi ke Klaten tapi hasilnya nihil, ah rasanya sia-sia banget kan guys? Ngga apa-apa keluar budget berlebih sedikit untuk liburan yang mungkin sekali seumur hidup kesini, toh ini juga buka kegiatan setiap hari. Whateverlah, setiap traveler pasti punya selera masing-masing pastinya kan.

Kembali lagi ke kisah proses pemotretan ini berlangsung. Selama 30 menit saya belajar cara menyelam dan berfoto dalam air bersama guide nya, keren sih dan professional sekali menurut saya. Dan ternyata hasilnya tak main-main, di luar ekspektasi saya momen yang di abadikan begitu luar biasa. Ini foto underwater pertama saya dan saya bias mengatakan ini TERBAIK !!! mas yang foto dan mengarahakan nya KEREN !!!









Sekitar 3 jam saya menghabiskan waktu di Umbul Ponggok ini, dan akhirnya saya harus bergegas lagi untuk melanjutkan perjalanan ke kawasan Umbul lainnya yang tak kalah menakjubkannya. Selama 2 jam terakhir setelah sesi fotografi underwater selesai, saya menghabiskan waktu untuk foto-foto menggunakan kamera bawah air milik saya. Hmm hasilnya juga keren kok dan tidak jelek-jelek amat hahaha.
Dan akhirnya selesai perjalanan saya di Umbul Ponggok ini sobat Budget Traveler. Kunjungi kisah perjalanan saya lainnya di www.indotravelpacker.com ya. See u again guys, semoga menginspirasi


INFO PENTING
Nama lokal
Umbul Ponggok
Lokasi wisata
desa Polanharjo Ponggok kabupaten Klaten, provinsi Jawa Tengah
Jalur Perjalanan
Bandara Adisutjipto – Klaten – Desa Polonharjo
Cost/ Biaya
Rp. 15.000 Tiket+ Pelampung + Parkir mobil Rp. 2.000 + Sewa Properti (harga tergantung jenis)
Kendaraan Yang disaranan
Sepeda Motor dan Mobil
Lama Perjalanan
3 Jam dari Bandara
Kepuasan kunjungan wisata
(9.7) dari (10)


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images